SPI Handal – 4 Target Sukses Pembangunan Pertanian Optimal


Dalam rangka memberikan pemahaman mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kepada pengelola dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan  lingkup Kementerian Pertanian sesuai amanah yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2008 tentang SPIP,  Inspektorat Jenderal menyelenggarakan kegiatan Pembinaan SPIP selama 3 (tiga) hari pada Rabu – Jumat, tanggal 22 – 24 Mei 2012 di Hotel Grand Pasundan, Bandung, Jawa Barat, dengan tema “SPI Handal – 4 Target Sukses Pembangunan Pertanian Optimal”.

 

Acara ini menghadirkan para Sekretaris dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian; Ditjen Tanaman Pangan; Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan; Ditjen Perkebunan; dan Badan Ketahanan Pangan, serta 315 orang pejabat (KPA, PPK, Bendahara dan Bidang Evaluasi) berasal dari lingkup instansi Kementerian Pertanian dan dinas sektor pertanian yang tersebar di wilayah Indonesia bagian barat yaitu Jawa Barat, Banten,  Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Sumatera, dan Kalimantan Selatan.

Acara ini bertujuan untuk menyusun Petunjuk Teknis SPIP untuk 5 kegiatan strategis Kementerian Pertanian, antara lain Kegiatan Penyuluhan, Kegiatan SL-PTT, Kegiatan Bongkar Ratoon, Kegiatan Optimalisasi Inseminasi Buatan (IB), dan Kegiatan Pelayanan Karantina, untuk tingkat propinsi dan kabupaten, sebagai pengelola dana tugas pembantuan sehingga seluruh jajaran pengelola dana tugas pembantuan lingkup pertanian di kabupaten/kota, mampu menerapkan SPIP dalam satu tujuan, satu persepsi dan satu tindakan dalam mewujudkan good governance dan clean government di lingkungan Kementerian Pertanian.

Untuk memotivasi peserta dalam pelaksanaan penyusunan Petunjuk Teknis SPIP, panitia membagi peserta ke dalam 5 kelompok dan menyiapkan hadiah  hiburan untuk kelompok terbaik. Penilaian dilakukan oleh tim auditor pendamping masing-masing kelompok. Pada akhir acara, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. R. Azis Hidajat, MM menyerahkan hadiah hiburan kepada Kelompok Kegiatan Pelayanan Karantina (Kelompok Terbaik I), Kelompok Kegiatan Kegiatan Optimalisasi IB (Kelompok Terbaik II) dan Kelompok Kegiatan Bongkar Ratoon (Kelompok Terbaik III). (anf)

 

Last Updated ( Tuesday, 28 May 2013 13:34 )