Pada tanggal 11 s.d 12 April 2011 bertempat di Hotel Bumi Wiyata Depok, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian telah menyelenggarakan kegiatan penyempurnaan Uraian Jabatan bagi Pejabat truktural Eselon I, II, III dan IV lingkup Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Kegiatan dibuka oleh Inspektur Jenderal diwakili oleh Inspektur Investigasi Ir. Yanuar, M.Ec dan dihadiri oleh Seluruh Pejabat Eselon II, III dan IV beserta dengan beberapa Pejabat Fungsional Umum dengan mengundang  Narasumber  dari Biro Organisasi dan Kepegawaian yang diwakili oleh Drs. Toto Sumanto, M.Si Kepala Bagian Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi dan Drs. Esti Hermiyati, MM Kepala Bagian Organisasi.

Dalam presentasinya Drs. Sumanto, MM menyampaikan Kegiatan ini merupakan inisiasi tercepat dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal berkaitan dengan munculnya aturan baru mengenai Reformasi Birokrasi yaitu Perpres Nomor 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi , Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 20/2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi dan 9 Peraturan MenPAN dan RB sebagai Juklak Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Dengan diterbitkannya aturan baru tersebut, maka seluruh Kementerian/Lembaga yang sudah mengajukan dokumen usulan reformasi birokrasi sesuai dengan ketentuan Peraturan MenPAN Nomor 15/2007 tentang Pedoman Umum Reformasi Birokrasi diwajibkan melakukan usulan baru sesuai dengan ketentuan yang baru. Pasalnya, ketentuan lama hanya mengatur tiga area perubahan sedangkan aturan yang baru menetapkan adanya delapan area perubahan reformasi birokrasi.

Berdasarkan Peraturan MenPAN Nomor 15/2007, reformasi birokrasi hanya meliputi tiga area perubahan yakni Organisasi, Tatalaksana dan SDM aparatur. Sedangkan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi, area perubahan meliputi delapan area, yaitu Organisasi, Tatalaksanaan, Peraturan Perundang-undangan, SDM aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik, dan dan budaya kerja (culture set dan mindset). Selain itu, grand design RB juga menetapkan perlunya setiap Kementerian/Lembaga membuat road map reformasi birokrasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Lebih lanjut Drs. Sumanto,MM menyampaikan bahwa Inspektorat Jenderal merupakan unit kerja Eselon I yang pertama kali mengadakan kegiatan ini, sehingga diharapkan dapat memacu/mendorong unit kerja Eselon I lain untuk dapat secepatnya melakukannya.

Presentasi selanjutnya mengenai Uraian Jabatan Struktural Eselon I, II, III, dan IV terkait dengan adanya perubahan Peraturan Menteri Pertanian Nomor  11/Permentan/OT.140/2/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 12/Permentan/OT.140/2/2007 tentang Kelengkapan Organisasi dan Tata Kerja Departemen Pertanian yang telah diganti dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 61/Permentan/OT.140/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian.

Terkait dengan hal tersebut, maka kegiatan penyempurnaan ini dimaksudkan untuk menyempurnakan uraian jabatan struktural Eselon I, II, III dan IV. Sebanyak 24 pejabat struktural di lingkup Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dan diharapkan dapat secepatnya diserahkan ke Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian untuk ditindaklanjuti.

(des/yos)

Last Updated ( Friday, 15 April 2011 12:48 )