Rapat Koordinasi Nasional Akeselerasi Pembangunan Pertanian Tahun 2011 yang dilaksanakan tanggal 10 – 11 Pebruari 2011 bertempat di Auditorium Gedung F - Kementerian Pertanian  dihadiri oleh segenap Pejabat Eselon II lingkup Kementan; Kepala Bagian Perencanaan lingkup Kementan; Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan lingkup Kementan; para Kepala Sub Bagian lingkup Biro Perencanaan Setjen (selaku penanggung jawab kegiatan); para Pejabat Fungsional Perencana serta para Kepala Dinas/Badan lingkup Pertanian Provinsi dan Kepala UPT-Pusat di daerah.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Bapak Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, MMA diikuti dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh segenap Peserta Rakornas.

Tujuan utama penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional ini antara lain: (1) Melakukan Review Program dan Kegiatan Pembangunan Pertanian tahun 2010;  (2) Melakukan Percepatan Program dan Kegiatan Pembangunan Pertanian 2011; serta (3) Melakukan Persiapan Perencanaan Program dan Kegiatan Pembangunan Pertanian tahun 2012.

Kegiatan Rakornas yang berlangsung selama 2 hari ini terbagi menjadi beberapa sesi utama (diskusi panel) yakni: (1) Sidang Pleno I dengan Pemrasaran Ketua Komisi IV DPR-RI, Ketua Badan Anggaran DPR RI serta Deputi Bidang SDA dan Lingkungan Hidup Bappenas yang dimoderatori oleh Wakil Menteri Pertanian; (2) Panel Diskusi II dengan Pemrasaran Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal yang dimoderatori oleh Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Masyarakat; (3) Panel Diskusi III dengan Pemrasaran Dirjen Tanaman Pangan, Kepala BKP, Dirjen PSP dan Kepala Badan PPSDMP yang dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal; (4) Panel Diskusi IV dengan Pemrasaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Badan Karantina Pertanian serta Dirjen PPHP yang dimoderatori oleh Staf Khusus Menteri Bidang Efisiensi Pembangunan Pertanian; (5) Panel Diskusi V dengan Pemrasaran Dirjen Perkebunan, Dirjen Hortikultura, dan Kepala Badan Litbang Pertanian yang dimoderatori oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Pembinaan SDM.

Pada Rakornas 2011 ini, Bapak Ir. R. Azis Hidajat, MM selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian turut menjadi salah satu Pemrasaran pada sesi Panel Diskusi II yang dimoderatori oleh Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Inspektur Jenderal memaparkan pentingnya Peranan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam Rangka Pengawasan Keuangan Negara yang Tertib dan Akuntabel.

Materi – materi yang disampaikan oleh Bapak Inspektur Jenderal pada Rakornas kali ini antara lain:

  • Visi dan Misi Inpektur Jenderal dalam Menegakkan Kepemerintahan yang Baik dan Bebas dari KKN di Kementerian Pertanian;
  • Paradigma pengawasan: Watchdog -> Counseling Partner / Konsultatif -> Catalyst/Quality Assurance. Peran pengawasan lebih mengarah kepada penghantar suatu unit kerja untuk meningkatkan kualitas kinerjanya sesuai rencana dan ketentuan yang berlaku.
  • Strategi Pengawasan Itjen 2011 : Green Audits
  • Audit Kinerja : menilai kinerja Satuan Kerja (Satker) dan unit kerja melalui indikator efisiensi, efektivitas, ekonomis dan ketaatan terhadap peraturan dan perundangan yang berlaku dengan Sasaran 396 satker, meliputi kegiatan satker baik dana dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan UPT lingkup Kementerian Pertanian.
  • Audit Investigasi
  • Pengawalan dan Evaluasi Kegiatan Strategis:  Mengawal kegiatan agar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan, Memberikan saran perbaikan lebih dini (Early warning), Meminimalisir inefisiensi dan inefektifitas dalam penggunaan anggaran.
  • Gerakan WTP -> meningkatkan Kualitas Laporan  Keuangan Kementerian Pertanian menuju Opini WTP tahun 2011, sasaran Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Semester II Tahun 2010 dan 2011.
  • Gerakan SAKIP : Mendorong Kementerian Pertanian yang lebih akuntabel melalui penerapan SAKIP secara konsisten sesuai dengan ketentuan Inpres No. 7 th. 1999, Memberikan pemahaman yang sama terhadap kaidah-kaidah penyusunan RENSTRA 2010 – 2014 dan penyusunan LAKIP sesuai dengan pedoman, Memberikan penilaian terhadap tingkat Akuntabilitas Kinerja lingkup Kementerian Pertanian sebagai implementasi dari Reformasi Birokrasi dan Good Governance melalui Rangkaian Kegiatan: Sosialisasi Gerakan SAKIP, Workshop SAKIP, Pembinaan/Pelatiha SAKIP dan Evaluasi / Penilaian LAKIP.
  • Gerakan SPI :  Mendorong Penerapan SPI di lingkungan Kementerian Pertanian Sesuai PP 60 Tahun 2008, Meningkatkan Pengendalian Intern di Unit Kerja lingkup Kementerian Pertanian, Memberikan Keyakinan yang Memadai bahwa Tugas telah dilaksanakan secara Efektif dan Efisien dalam mewujudkan Tata Kepemerintahan Yang Baik melalui Rangkaian Kegiatan: Pembinaan Workshop SPI, Penilaian SPI dan Forum SPI.
  • Pembinaan Anti Korupsi (WBK) : Mendorong Pelaksanaan Inpres No. 5 Tahun 2004 dan Mendorong terwujudnya Clean Government/ Bebas dari KKN di Kementerian Pertanian melalui Rangkaian Kegiatan: Pembinaan Anti Korupsi, Penilaian Unit Kerja WBK dan Penetapan Unit Kerja WBK.
  • serta materi Titik – titik Kritis yang Menjadi Fokus Audit diantaranya :
  1. Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan
  2. Peningkatan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan
  3. Pencetakan Sawah
  4. Titik Kritis PUAP
  5. SWASEMBADA GULA
  6. Gernas Kakao
  7. Revitalisasi Perkebunan
  8. Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDS/K) 2014
  9. Peningkatan Produksi dan Produktivitas Hortikultura
  10. Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian
  11. Ketahanan Pangan
  12. Penelitian dan Pengembangan
  13. Penyuluhan
  14. Pendidikan
  15. Perkarantinaan

Acara Rakornas 2011 ini berlangsung aktif dan dinamis. Sesi Diskusi Panel (paparan) dan Tanya Jawab berlangsung hangat diikuti dengan hikmat oleh para peserta yang antusias dengan penjelasan dari seluruh Pemrasaran yang hadir.

Acara Rakornas ini berakhir pada hari Jum’at tanggal 11 Pebruari 2011 yang ditutup oleh Wakil Menteri Pertanian RI.

Unduh Materi Paparan Inspektur Jenderal Kementan:

Peran APIP - Visi - Misi I - II
Paradigma Pengawasan
Strategi Pengawasan Itjen 2011
Audit Kinerja Audit Investigasi
Pengawalan Kegiatan Strategis I - II
Evaluasi Kegiatan Strategis I - II
Gerakan WTP I - II
Gerakan SAKIP I - II
Titik Kritis Fokus Audit I - II - III

Foto – Foto Rakornas 2011:

Foto 1 Foto 2 Foto 3 Foto 4 Foto 5

Foto 6 Foto 7 Foto 8 Foto 9 Foto 10

(yos /rif)

Last Updated ( Sunday, 13 February 2011 22:53 )